Daftar Harga PCR dan Antigen Sesuai Acuan Kemenkes

Daftar Harga PCR dan Antigen Sesuai Acuan Kemenkes –  Pemerintah hanya mengakui hasil uji RT-PCR dari 742 laboratorium sebagai persyaratan bagi penumpang yang berencana melakukan perjalanan udara. Ratusan laboratorium berafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

Daftar Harga PCR dan Antigen Sesuai Acuan Kemenkes

vanevdebakim – Daftar laboratorium ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.01.07/Menkes/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Laboratorium yang belum memasukkan data pada New All Record (NAR) atau yang tidak terdaftar di Departemen Kesehatan tidak akan mengakui hasil RT-PCR.

Baca Juga : Ahmad Sahroni Minta Polri Sikat Penjual Obat-Alkes Covid-19 Nakal

Berapa harga yang ditetapkan pemerintah untuk RT-PCR? Kementerian Kesehatan menetapkan batas tarif tertinggi untuk pengendalian RT-PCR dalam surat edaran HK.02.02 / 1/3713/2020. Batas tertinggi untuk pengendalian RT-PCR juga adalah pungutan pertumbuhan sebesar Rp 900.000.

Batas tarif tertinggi berlaku bagi warga yang melakukan penertiban RT-PCR secara sukarela atau mandiri.

Namun, pembatasan tarif ini tidak berlaku untuk kegiatan contact tracing terkait pasien COVID-19 dan rumah sakit yang operasionalnya mendapat dukungan pengendalian RT-PCR dari pemerintah. Artinya harga tarif RT-PCR berpotensi menjadi lebih murah.

Sementara itu, pemerintah juga menetapkan tarif tertinggi untuk pengendalian rapid antigen test. Peraturan ini tertuang dalam surat edaran nomor HK.02.02/I/4611/2020 tentang Batas Maksimum Pemeriksaan Rapid Antigen Smear Test.

Angka tertinggi untuk rapid antigen swab test dibagi menjadi dua kriteria, angka di Jawa dan angka di luar Jawa. Harga di luar Jawa lebih mahal.

Kementerian Kesehatan telah menetapkan tingkat kesiapan tes swab antigen cepat tertinggi di Jawa sebesar Rp 250.000. Sedangkan di luar Jawa tarif tertinggi adalah 275 ribu.

Baca Juga : Ransomware Serang Kalangan Bisnis Besar 1.500 Jadi Korban

Tarif maksimal ini berlaku bagi warga yang secara sukarela membuat sachet antigen cepat yang dilakukan di fasilitas layanan kebugaran seperti rumah sakit dan laboratorium.

Namun, tarif maksimum ini tidak berlaku untuk fasilitas kebugaran yang mendapat dukungan pemerintah.

Related Posts