Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diramal Tak Capai 5 Persen

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diramal Tak Capai 5 Persen Bhima Yudhistira, Direktur Pusat Studi Ekonomi plus Hukum (Celios), memperkirakan pembangunan ekonomi pada kuartal III 2021 hanya akan mencapai sekitar 3%.

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Diramal Tak Capai 5 Persen

Vanevdebakim – Pada triwulan IV, perekonomian diperkirakan akan tumbuh secara bertahap seiring dengan pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan daerah (PPKM).

Baca Juga : Asal Tak Ada Varian Baru, Ekonomi Indonesia bakal Tumbuh 4%

Dia mengaku tidak bisa meminta banyak dari kuartal ketiga tahun ini. ini. Hal ini dikarenakan konsumsi rumah tangga menjadi sumber utama pembangunan, terutama pada bulan Agustus yang mengalami penurunan yang cukup besar terkait dengan pelaksanaan PPKM darurat yang dimulai pada bulan Juli. Sisanya adalah September, tetapi konsumsi secara bertahap meningkat meskipun ada pelonggaran.

Bima juga meramalkan perkembangan ekonomi sepanjang tahun atau tahun. Ini dalam kisaran 2-3 persen. “Jadi masih dibutuhkan saat sudah mencapai level pra-pandemi,” ujarnya.

Baca Juga : Bank Dunia Pangkas Lagi Ekonomi Indonesia Jadi 3,7 Persen

Ia melanjutkan, aspek lain yang mengubah laju pembangunan ekonomi negara adalah aspek kepercayaan konsumen yang dipengaruhi oleh kesempatan kerja. Bima mengatakan jika kesempatan kerja tidak optimal, pendapatan beberapa golongan menengah besar akan bekerja sebagai karyawan, termasuk tidak mengalami pemulihan.

Meski demikian, masih ada harapan dari sisi ekspor. “Misalnya surplus perdagangan Agustus yang secara historis terlalu tinggi US$ 4,74 miliar, tapi perlu dicatat meski kinerja ekspor justru membaik, aktivitas impor kembali meningkat. Nah, ini juga termasuk hal-hal yang bisa dipersempit ke depan. ,” jelasnya.

Related Posts