Saran Ekonomi Agar Terhindar dari Middle Income Trap

Saran Ekonomi Agar Terhindar dari Middle Income Trap Middle-income trap, juga dikenal sebagai middle-income trap, adalah situasi dimana negara telah berhasil mencapai tingkat pendapatan menengah, tetapi tidak dapat meningkat lagi menjadi negara maju, dan banyak lagi, bukan Indonesia. menjadi perhatian negara berkembang.

Saran Ekonomi Agar Terhindar dari Middle Income Trap

Vanevdebakim – Saat ini, Indonesia terhitung sebagai negara berpenghasilan rendah dan menengah. Kami membutuhkan tips untuk membantu negara ini menghindari situasi jebakan di negara-negara berpenghasilan menengah.

Baca Juga : Target Pertumbuhan Pajak Dipangkas Jadi 6,5 Persen

Pengamat ekonomi Ryan Killant mengatakan pengembangan sumber daya manusia diperlukan untuk mencegah Indonesia jatuh ke dalam jebakan negara berpenghasilan menengah.

“Kami percaya dengan bantuan SDM yang cerdas dan ekonomi digital, kita dapat menghindari situasi jebakan di negara-negara berpenghasilan menengah dan bergerak naik jika dilepaskan. Posisi kami tidak lagi seperti negara-negara berpenghasilan menengah. Tidak, tapi itu benar-benar bisa menjadi negara berpenghasilan menengah dan nantinya masuk ke level negara maju.”

Dikatakannya, pengembangan ekonomi berbasis digital penting untuk menjadi negara maju. Pasalnya, pandemi ini telah mengubah perilaku penghuni dan fasilitas menjadi digitalisasi yang menjadi gaya hidup sehari-hari.

Baca Juga : Harga Emas Antam Melesat ke Rp953 Ribu

Oleh karena itu, Ryan mengatakan sembari menunggu Indonesia lepas dari pandemi, bantuan sosial perlu terus disalurkan agar pendidikan dan ekonomi kelas bawah tidak semakin tergerus.

Terkait penyebab turunnya peringkat Indonesia menjadi negara berpenghasilan rendah dan menengah, Ryan mengatakan hal itu sebagai pertanda konsekuensi ekonomi Indonesia sepanjang 2020 saat pandemi melanda negara tersebut. Semua aktivitas dan mobilitas ekonomi secara otomatis terganggu, sehingga mengakibatkan penurunan ekonomi.

Selain itu, Ryan percaya pada perkembangan ekonomi Indonesia. Ini positif dan status Indonesia bisa naik lagi dari negara berpenghasilan rendah dan menengah ke negara berpenghasilan menengah.

Related Posts